Mengenal Madu Klanceng, The Mother Medicine

Madu klanceng adalah cairan dengan rasa asam, kadang manis atau pahit yang dihasilkan oleh lebah madu trigona spp. Cairan ini memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh salah satunya adalah antioksidan berjenis flavonoid dan phenolic.

Lebah Trigona Sp dianggap mampu menghasilkan madu yang kualitasnya lebih unggul dari lebah madu kebanyakan. Benarkah demikian? Simak ulasan lengkap tentang lebah trigona klanceng dan manfaatnya di bawah ini.

Lebah Madu Tanpa Sengat

Lebah madu tanpa sengat atau sering disebut stingless bees merupakan salah satu grup dari lebah yang jumlahnya ada 500 spesies. Beberapa ilmuwan menyebut kelompok ini dengan nama meliponini.

Meliponini sebenarnya masih memiliki sengat, tapi ukurannya sangat kecil dan tidak bisa digunakan untuk melindungi diri. Meski tidak mampu menyengat, beberapa spesies memiliki gigitan yang cukup kuat dan menimbulkan rasa sakit.

Lebah madu tanpa sengat tersebar hampir di seluruh dunia khususnya kawasan yang memiliki hutan lebat. Masing-masing kawasan atau benua  memiliki jenis lebah yang berbeda-beda meski secara umum memiliki perilaku dan menghasilkan madu yang kaya kandungan gizinya.

Dari beberapa jenis lebah tanpa sengat yang menghasilkan madu, ada genus Trigona yang cukup terkenal di kawasan Asia Tenggara. Salah satu lebah dari genus Trigona tersebut adalah T. iridipennis. Lebah ini banyak ditemukan di Indonesia dan madunya banyak digunakan oleh masyarakat untuk obat tradisional.

Ukuran dari T. iridipennis sangat kecil sekitar 4 mm saja. Dengan ukuran ini lebah bisa keluar dan masuk ke dalam lubang kecil dengan mudah. Itulah kenapa lebah klanceng ini banyak ditemui di kayu-kayu berlubang atau beberapa perabot di rumah yang ada lubang kecilnya.

Hal unik dari lebah lanceng jika dibandingkan dengan lebah madu lain adalah adanya pecahan koloni. Kalau ada ratu baru yang lahir, lebah pekerja akan mulai mencari sarang baru. Selanjutnya beberapa makanan dari sarang asal dibawa agar koloni baru itu tumbuh dengan baik.

Selain koloni baru, perkawinan ratu lebah baru dengan jantan juga terjadi cukup menarik. Beberapa lebah klanceng jantan akan saling bertarung satu dengan yang lain. Kalau tidak ada lawan lagi, lebah jantan bisa mengawini betina agar menghasilkan banyak telur.

Lebah klanceng liar hanya makan dan menghasilkan madu dari nektar bunga seperti bunga dari pohon kelapa dan nangka. Karena hanya makan dari nektar bunga tanaman tertentu, madu yang dihasilkan lebih banyak bercita rasa asam, agak manis dan kadang agak pahit. Warnanya juga beragam mulai dari kekuningan, cokelat, sampai coklat tua keruh.

Koloni dari lebah trigona yang ada di alam liar seperti hutan umumnya berada di lokasi yang tinggi. Hal ini dilakukan lebah karena hewan ini memiliki satu predator alami yang sangat ganas. Predator itu adalah kelabang. Selain itu kadal, tawon, semut dan lalat juga menjadi predator meski tidak signifikan.

Apa Itu Madu Klanceng?

Madu klanceng / madu kelulut /  madu trigona adalah madu yang dihasilkan oleh lebah madu tanpa sengat T. iridipennis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Madu ini umumnya didapatkan dengan memanennya secara alami di hutan sehingga bisa dipastikan organik dan tidak memiliki komponen berbahaya di dalamnya.

Madu klanceng memiliki perbedaan jika dibandingkan madu yang dihasilkan oleh Apis sp atau lebah madu biasa. Perbedaan itu terdapat pada kandungan penyusun sarang. Kalau madu ada kandungan  zat bernama propolis. Pada Lebah klanceng menghasilkan komponen resin untuk sarangnya.

Propolis pada lebah madu umumnya digunakan sebagai perekat sarang saja. Komponen ini tidak ditemukan pada bagian dalam sarang khususnya tempat menyimpan madu.

Cerumen pada lebah klanceng tidak dipakai untuk membuat sambungan sarang. Komponen ini terdapat pada  bagian dalam dan digunakan sebagai tempat penyimpanan madu.

Selain tempat penyimpanan madu, kalau ada penyusup masuk, cerumen dipakai untuk membunuhnya. Penyusup yang mati akan langsung dimumifikasi. Umumnya penyusup yang masuk adalah serangga lain seperti semut.

Madu klanceng biasanya disimpan pada wadah yang terbuat dari cerumen/kantung madu. Nutrisinya bergantung pada kandungan organik wadah itu. Selama cerumen yang jadi wadah mengandung banyak phytochemicals, madu klanceng akan ikut menyerapnya dan semakin bernutrisi.

Terbentuknya madu klanceng tidak terjadi secara sederhana. Ada tiga proses yang terjadi sebelum siap dipanen. Proses itu terjadi secara simultan dari nektar sampai akhirnya berubah jadi madu yang siap konsumsi.

Setelah cerumen/kantung madu terbentuk dan diisi nektar, kandungan air akan menurun akibat penguapan. Perubahan fisik ini akan dilanjutkan dengan proses fermentasi. Jamur atau bakteri di sekitar sarang akan yang menjalin simbiosis mutualisme. Mikroba itu akan melakukan proses fermentasi sampai madu menjadi lebih kental dan punya aroma asam.

Tahap lanjutan setelah fermentasi adalah perubahan secara kimiawi. Lebah klanceng akan memasukkan enzim dari tubuhnya ke dalam calon madu. Enzim ini akan melakukan proses hidrolisis pada nektar yang mengandung banyak sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa.

Proses pembentukan yang panjang membuat madu klanceng berkualitas. Selain itu rasa dan warna dari madu menjadi bervariasi. Umumnya lokasi dari lebah klanceng hidup dan spesiesnya akan menentukan nutrisi yang terkandung di madu.

Ciri Madu Klanceng

Ciri umum dari madu klanceng bisa dilihat secara langsung dari warna. Namun, Anda harus mengetahui lebih banyak kekhasan dari madu ini sebelum membeli atau mengonsumsinya. Berikut beberapa ciri madu klanceng.

  • Warna cokelat kekuningan. Kadang ada yang kuningnya lebih pekat sehingga tampak seperti emas dan lebih gelap.
  • Kelembaban madu klanceng sekitar 25%.
  • Keasaman atau pH sekitar 3.05-4.55.
  • Kandungan fruktosa sampai 40%.
  • Kandungan glukosa sampai 31%.
  • Kandungan sukrosa di bawah 1%.
  • Kandungan debu 0,01, sangat kecil dibandingkan dengan madu lain.

Keunggulan Madu Klanceng

Semua jenis madu sebenarnya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, madu klanceng agak berbeda karena mengandung lebih banyak keunggulan. Berikut keunggulan dari madu klanceng.

  1. Ada Kandungan Antibakteri

Madu klanceng terbukti mengandung komponen antibakteri dalam jumlah yang besar. Lebah klanceng yang masuk dalam genus Trigona telah diteliti dan menunjukkan cukup banyak manfaat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Malaysia.

Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2013 oleh Zainol MI juga menunjukkan adanya aktivitas peroksida dan non-peroksida yang besar. Sebagai informasi saja, aktivitas ini berkaitan erat dengan komponen antibakteri. Kalau aktivitasnya tinggi, bakteri bisa dibasmi dengan cepat.

Pada tahun 2009, sebuah penelitian dilakukan di Thailand dengan menggunakan madu dari Trigona laeviceps. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan kalau kandungan antibakteri mampu menekan pertumbuhan dari E. coli dan S. aureus.

Terakhir pada tahun 2004, DeMera dan Angert melakukan penelitian terhadap madu dari jenis lebah klanceng. Hasilnya, ada reaksi berupa penolakan besar pada jenis bakteri seperti Bacillus cereus dan Pseudomonas aeruginosa.

  1. Aktivitas Antioksidan yang Tinggi

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan terjadinya aktivitas antioksidan pada madu klanceng. Pertama penelitian yang dilakukan oleh Kek S. P et al. Penelitian berjudul “Total phenolic contents and colour intensity of Malaysian honeys from the Apis spp. and Trigona spp. bees.” menunjukkan adanya aktivitas dan komponen antioksidan.

Pada tahun 2013, Dda Silva et al. melakukan penelitian di Brazil menggunakan madu dari lebah tanpa sengat yang ada di sana. Hasil dari sampel madu lebah T. carbonaria, Melipona fasciculata, Melipona subnitida dan Melipona aff. Fuscopilosa menunjukkan ada aktivitas antioksidan in vitro.

Terakhir penelitian dilakukan oleh Latifah Saiful Yazan dari Department of Biomedical Science, Universiti Putra Malaysia pada tahun 2016. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan uji coba pada tikus dan menggunakan dosis setara dengan konsumsi tradisional oleh manusia.

Penelitian ini menunjukkan kalau konsumsi madu klanceng membuat tubuh tikus lebih kebal dengan zat karsinogen yang memicu kanker. Khusus pada penelitian ini jenis kanker yang diteliti adalah kanker usus.

  1. Komponen Antiinflamasi yang besar

Ada atau tidaknya kandungan cerumen pada madu klanceng memengaruhi  kandungan nutrisi dari madu khususnya komponen antiinflamasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Indonesia, didapatkan hasil kalau ada komponen antiinflamasi yang mencegah peradangan di area gigi. Percobaan ini dilakukan dengan menggunakan tikus.

Penelitian lain yang dilakukan Borsato pada tahun 2014 lalu terhadap spesies langka Melipona marginata menunjukkan hal yang hampir sama. Madu dari lebah tanpa sengat ini memiliki komponen antiinflamasi. Efek ini didapatkan saat madu klanceng diaplikasikan langsung pada kulit.

  1. Adanya Aktivitas Anti Penuaan

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 dan berjudul “Comparison of gymnosperms and angiosperms plants on quality and quantity of propolis.” menunjukkan ada aktivitas anti penuaan. Penelitian ini ingin membandingkan propolis atau cerumen yang dihasilkan lebah madu yang mendapatkan nektar dari tanaman berbiji tertutup dan tanaman berbiji terbuka.

  1. Aktivitas Penyembuhan Luka

Penelitian yang dilakukan oleh Boorn et al. pada tahun 2010 menunjukkan adanya komponen yang mampu mempercepat penyembuhan luka. Penyembuhan ini terjadi dengan mengaplikasikan madu pada luka terbuka yang terjadi pada tubuh.

Manfaat Madu Klanceng

Manfaat dari madu lebah klanceng sangat banyak, setiap orang khasiat nya berbeda-beda, sesuai dengan daya tahan tubuh masing-masing, berikut beberapa manfaat madu klanceng selengkapnya.

  1. Membantu Menyembuhkan Luka

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Abd Jalil M.A, dkk. pada tahun 2007 didapatkan data kalau madu klanceng mampu membantu menyembuhkan luka. Penelitian dengan judul Stingless Bee Honey, the Natural Wound Healer: A Review menunjukkan mekanisme penyembuhan luka dengan madu.

Menurut penelitian itu madu yang diaplikasikan pada luka terbuka akan memberikan rasa nyaman, apalagi bahannya alami. Luka juga tidak akan mudah mengalami pembusukan serta  lebih steril. Kandungan antibakteri dan inflamasi juga bisa mencegah pembengkakan dan infeksi dari luar.

 Baca juga : Manfaat Madu Klanceng Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Kandungan antioksidan yang besar juga mencegah adanya reaksi oksidasi stres yang terjadi pada permukaan yang terluka. Dampaknya, luka tidak akan membesar  dan sel yang terbuka akan tetap hidup sampai akhirnya sembuh perlahan-lahan dan menutup dengan sempurna.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Ada dua komponen pada madu klanceng yang bisa memberikan efek pencegahan penuaan dini. Pertama tentu komponen antioksidannya. Seperti yang kita tahu kalau kandungan antioksidan bisa mencegah kerusakan pada sel kulit sehingga penuaan dini bisa dicegah dengan mudah.

Komponen antioksidan yang besar juga mencegah kerusakan sel pada organ di dalam tubuh. Penuaan tidak hanya terjadi pada kulit, tapi juga organ di dalam tubuh secara menyeluruh.

Komponen kedua adalah antimikroba khususnya yang melawan bakteri. Kulit bisa rusak tidak hanya karena ada radikal bebasnya saja. Kulit juga bisa rusak kalau ada infeksi dari mikroba jenis apa pun termasuk bakteri. Kalau kulit terjaga, kerusakan tidak akan terjadi.

  1. Membantu Mengatasi Gejala Batuk dan Infeksi Tenggorokan

Pada ulasan sebelumnya kita sudah membahas adanya komponen antiinflamasi yang cukup besar pada madu klanceng. Efek komponen itu adalah pencegahan inflamasi yang terjadi pada tubuh seperti sakit saat mengalami batuk atau radang tenggorokan.

Itulah kenapa Anda yang sedang mengalami batuk kering atau radang tenggorokan dianjurkan untuk mengonsumsi air dengan madu. Kandungan antiinflamasi akan mencegah luka jadi lebih parah sehingga tenggorokan tidak terus sakit atau terasa tidak nyaman saat makan.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh secara Umum

Kandungan antioksidan yang tinggi bisa membuat tubuh tidak mudah sakit khususnya sakit karena musim seperti batuk dan pilek. Antioksidan yang tinggi bisa membuat daya tahan tubuh meningkat sehingga patogen yang masuk bisa segera diatasi sebelum menginfeksi.

Madu klanceng bisa dikonsumsi setiap hari atau ketika Anda merasa butuh seperti saat cuaca sedang buruk. Anda bisa meminumnya secara langsung dengan sendok atau menyeduhnya dengan air untuk pemanis teh atau minuman herbal lain.

  1. Membantu Menyembuhkan Luka pada Penderita Diabetes

Penyembuhan luka tanpa adanya kondisi diabetes secara umum lebih mudah dilakukan. Namun, kalau pemilik luka memiliki diabetes, ceritanya akan lain. Madu klanceng bisa membantu penyembuhan ini karena ada elemen anti peradangan dan bakteri yang kuat.

  1. Meningkatkan Libido Kejantanan pria

Tubuh yang sehat dan terbebas dari radikal bebas bisa memuat fungsi organ termasuk organ seksual membaik. Rutin mengonsumsi madu dari lebah tanpa sengat akan membantu meningkatkan libido dan kemampuan seksual pasangan.

  1. Membantu Penyembuhan Setelah Sakit

Daya tahan tubuh seseorang yang baru saja sakit umumnya rendah. Oleh karena itu setelah sembuh dari sakit, madu klanceng dibutuhkan untuk menaikkan kondisi tubuh khususnya stamina. Madu bisa dikonsumsi secara rutin setelah makan atau digunakan sebagai pengganti gula.

Baca juga : Manfaat Madu Klanceng untuk pria

Harga Madu Klanceng

Harga madu dari lebah trigona klanceng di Radjamadu.com masih sangat terjangkau, harga mulai dari Rp 150.000 anda dapat mendapatkan 1 botol kemasan 250ml/320gr. Harga tersebut sesuai dengan khasiat madu dari lebah klanceng ini.

Lebah madu klanceng memiliki ukuran kecil dan koloninya tidak terlalu besar dibandingkan dengan lebah madu biasa. Dampaknya, jumlah madu yang dihasilkan lebih sedikit. Selain itu madu klanceng juga lebih banyak didapatkan dari alam dan sedikit yang membudidayakan nya.

Karena sulit mendapatkan stok yang banyak, secara harga madu klanceng lebih mahal. Namun, manfaatnya cukup banyak sehingga penikmatnya selalu bertambah dari waktu ke waktu.

Kesimpulan

Madu klanceng adalah salah satu madu yang bisa dijadikan alternatif untuk penyembuhan masalah kesehatan. Bahkan, dijuluki the mother of medicine.

Selain dipakai sebagai obat, madu ini juga cocok dikonsumsi secara rutin untuk menjaga daya tahan. Apalagi kandungan antioksidannya cukup tinggi dibandingkan suplemen kesehatan lain.

Saat ini produsen madu klanceng di Indonesia tidak terlalu banyak. Walaupun ada, kualitasnya belum tentu baik. Kalau Anda ingin mendapatkan madu klanceng dengan kualitas unggul dan 100% organik, segera beli di RADJAMADU.COM Madu klanceng terbaik bisa segera dikirim ke seluruh Indonesia.

Madu Trigona Klanceng

Informasi Pemesanan
Silakan hubungi Admin kami :
Phone 0852-1141-0101

Klik Chat Via Whatsapp

Pesan Madu Klanceng